HALAL BI HALAL SALMAN AL FARISI

0
20

HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR

SALMAN AL FARISI

Mengawali Tahun Pelajaran 2019-2020 Yayasan Salman Al Farisi menyelenggarakan acara Halal Bi Halal yang digelar pada Hari Senin, 1 Juli 2019 di Gedung DPD RI Wilayah DIY. Kegiatan ini sekaligus sebagai pembinaan untuk seluruh pegawai Salman yang berjumlah 250 an orang baik di lembaga pendidikan maupun di lembaga bisnis. Sebagai narasumber adalah Ustadz Cholid Mahmud, MT., yang menjabat sebagai Ketua Pembina Yayasan Salman Al Farisi Jogja. Selain sebagai pembina Yayasan Salman beliau juga menjabat sebagai salah satu anggota DPD RI mewakili DIY.

Dalam taushiyahnya beliau mengupas sebuah hadits yang menjelaskan tentang fenomena  orang yang bangkrut (muflis) di hari akhir nanti sebagai berikut:

  أَتَدْرُونَ مَنِ الْمُفْلِسُ؟ قَالُواالْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَقَالَإِنَّ الْمَفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي وَقَدْ شَتَمَ هَذَا، وَقَذَفَ هَذَا، وَأَكَلَ مَالَ هَذَا،وَسَفَكَ دَمَ هَذَا، وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ، فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَي مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طَرِحَ فِي النَّارِ

“Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut itu?”

Para sahabat menjawab, “Orang yang bangkrut di tengah-tengah kita adalah orang yang tidak punya dirham (uang perak) dan tidak punya harta.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang bangkrut dari umatku adalah yang datang pada hari kiamat nanti dengan membawa (amal) shalat, puasa, dan zakat, (namun) ia telah mencerca ini (seseorang), menuduh orang (berzina), memakan harta orang, menumpahkan darah orang, dan memukul orang. (Orang) ini diberi (amal) kebaikannya dan yang ini diberi dari kebaikannya. Apabila amal kebaikannya habis sebelum terbayar (semua) tanggungannya, dosa-dosa mereka (yang dizalimi) diambil lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim)

SHARE
Previous articleBAHAYA PORNOGRAFI BAGI ANAK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here