HARI GURU NASIONAL 2018 KELUARGA BESAR SALMAN AL FARISI

0
97

MENYAMBUT HARI GURU 25 NOVEMBER 2018

BISMILAHIRRAHMANIRRAHIM
Pemerintah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional di tanah air. Peringatan ini ditetapkan berdasar keputusan Pemerintah RI melalui Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Keppres itu juga dimantapkan di UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang menetapkan tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional, yang kerap diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.
Membicarakan sosok guru selalu dikaitkan dengan ekspektasi atau harapan kepada masa depan. Apapun kondisinya guru selalu ditempatkan sebagai sosok ideal yang penuh dengan harapan. Dari kemarin hingga hari ini masih viral via Medsos dan WA : “ Guru memang bukan orang hebat tetapi semua orang hebat adalah berkat jasa dari seorang guru”. Entah siapa yang pertama broadcast ..tapi kalimat itu beredar dari WA ke WA sangat masif. Hal ini sebagai bukti bagaimana harapan dan ekspektasi masyarakat kepada sosok guru.
Kedudukan peran dan keberadaan guru adalah dloruriyatul hayah, kewajiban kehidupan yang harus ada. Keniscayaannya sebagaimana matahari dan bulan untuk dunia. Tanpanya kehidupan dunia tidak bisa berjalan. Demikian pula manusia tanpa guru maka tidak bisa berjalan pula kehidupan sebagaimana mestinya. Maka kedudukan guru sangat menentukan dalam keberlangsungan kehidupan ummat manusia.
Selannjutnya Guru adalah dloruriyatul islam. Dalam hal ini sangat jelas, guru adalah jalan pewarisan risalah, ilmu pengetahuan, nilai kehidupan (hadloroh) untuk menjaga, melestarikan risalah yang dibawa oleh para anbiya. Sebagaimana telah digambarkan dalam Al Quran.
Ketiga Guru adalah dloruriyatul dakwah. Untuk mendakwahkan mewariskan risalah antar generasi maka guru menjadi bagian yang sangat menentukan. Islam menghajatkan adanya sekelompok ummat yang selalu yad’una ilal khoir wa ta’muruna bilma’ruf.
Ketiga peran di atas semoga menjadi kesadaran kita semua sebagai guru, karyawan, pengelola dan penyelenggara lembaga pendidikan ini. Sebagaimana nasehat para ulama : “Hendaknya ada sekelompok pendidik yang merespon secara positip dengan menyiapkan pengetahuan yang memadai, pemahaman yang benar, perencanaan yang matang, dan aturan yang bijak untuk membentuk muslim dan muslimah yang tangguh. Muslim sejati yang mampu mengbarkan panji-panji Islam di tengah gelombang tiupan badai yang menerjang tubuh ummat Islam yang tiada henti “.
Dengan sepenuh hati kami mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas seluruh kesabaran ketabahan dalam mendidik membersamai generasi masa depan ummat bangsa ini semoga menjadi amal jariyah yang akan mengiringi di alam barzah dan akhirat kita. Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wa niman nashir.

Sleman, 25 November 2018
BADAN PENGURUS HARIAN YAYASAN SALMAN AL FARISI YOGYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here