Sleman, 21 Desember 2015,

Satu semeter telah di lalui Ibu guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di PAUD- IT Salman Al Farisi 3, yang biasanya diawali dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPPH),dan pembuatan media pembelajaran bagi siswa oleh ibu guru sebelum mengajar.  Dengan dinamika yang terjadi di PAUD IT Salman Al Farisi 3 selama satu semester kemarin, membuat ibu guru tetap semangat dalam membangun PAUD IT Salman Al Farisi 3 untuk lebih maju dan mendidik anak-anak menjadi gererasi Rabbani yang mandiri. Dalam satu semester yang telah berlalu tak sedikit peristiwa unik yang terjadi pada ibu guru dan anak-anak..,.yang mana tingkah polah dan keunikan anak-anak menguras tenaga ibu guru dan karyawan PAUD IT Salman Al Farisi 3.

Di akhir semester satu ini, seperti biasa di tutup dengan “evaluasi kinerja” yang telah di lalui dan program kerja ke depan (semester 2) yang biasa kami sebut dengan istilah “Raker” (Rapat Kerja). Jadwal Raker di bagi menjadi 3 bagian yakni “Raker Internal Lembaga dan Raker bersama dengan Yayayasan Salman Al Farisi “ serta Raker Khusus Kurikulim”.

Jadwal Raker Internal Lembaga di PAUD IT Salman Al Farisi 3 yaitu dimulai dari hari Senin, 21-12-2015 sampai dengan  Selasa, 22-12-2015 bertempat di PAUD IT Salman AL Farisi 3 Pogung Baru Mlati Sleman, Raker bersama yayasan Salman Al Farisi dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Desember 2015 bertempat di KB-TK-IT Salman Al Farisi 2 Klebengan, Depok, Sleman. Dan khusus Raker Kurikulum dilaksanakan pada hari  Sabtu, 26 Desember 2015. Raker Bersama Kurikulum dilaksanakan di TB-KB-TK-IT Salman Al Farisi 1 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta .

Hari Pertama Raker Internal Lembaga yang dilaksanakan di PAUD-IT Salman Al Farisi 3 pada hari Senin, 21 Desember 2015. Pembahasan di Raker Hari pertama tentang Personalia yang di dalamnya waka Personalia disampaikan oleh ibu kepala sekolah langsung yaitu Ibu Dwi Retno Wulandari, beliau membahas tentang personalia satu semester kemarin, program Personalia sebagian besar telah terlaksana, seperti  Qiroati, Study Banding, Syiar Budaya SAF, Pelatihan atau seminar eksternal, Lomba Guru , Rapat Koordinasi, arisan dan silaturahmi guru dan karyawan , dan Outbond atau Rihlah guru dan karyawan. Adapun program kerja personalia yang masih belum terlaksana seperti Tahfidz banyak yang belum terlaksana, implementasi budaya Saf juga sebagian belum terlaksana, untuk program arisan dan silaturahmi di semester I ini terlaksanakan dan Outbond atau rihlah guru dan karyawan juga terlaksana dengan Rafting di sungai Elo, Magelang pada Kamis, 24 Desember 2015. Pembahas tentang jadwal piket guru dan karyawan, seragam guru dan karyawan, piket liburan dan piket TPA guru juga di bahas saat raker ini.

Selain program personalia, pembahasan bidang Sarpras (Sarana dan Prasarana), mengevaluasi dan membahas kebutuhan semester depan untuk menunjang proses belajar mengajar pun dilakukan. Evaluasi dan program  Personalia dan Sarpras (Sarana dan Prasarana) dilaksanakan pada hari pertama Raker, yang dilanjutkan dengan bidang  Humas dengan program ke depan yaitu Sekolah Orang Tua Salman (SOS),  PHBI/PHBN, Bakti Sosial, PPDB yang akan di laksanakan dengan bantuan WEB  Yayasan Salman Al Farisi agar masyarakat lebih mudah menggali informasi tentang PAUD IT Salman Al Farisi 3. Raker pertama selesai dengan rangkaian agenda di atas dan ditutup dengan Doa bersama, tepat pukul 14.00.

Raker Internal Lembaga Hari Kedua, selasa, 22 Desember 2015 di Salman Al Farisi 3 dengan agenda pembahasan program kesiswaan dan Evaluasi Pelaksanaa Kurikulum di semester I.

Di program kesiswaan membahas tentang evaluasi program yang telah dilalui dan program kerja kesiswaan meliputi TPA, Konsumsi, kunjungan Siswa yang rencananya akan di laksanakan pada tanggal 26 Maret 2016 dengan Penanggung Jawab Bu Mujiyah. Program kerja dari kesiswaan juga membahas agenda Tutup Tahun yang rencananya PAUD IT Salman Al farisi 3 di tahun ini akan mengadakan sendiri.

Setelah pembahasan program Kesiswaan di lanjutkan dengan program Kurikulum, dalam pembahasan tersebut mengupas tentang kurikulum baik evaluasi maupun program kurikulum ke depan .

Raker hari ketiga, Rabu, 23 Desember 2015 bertempat di TKIT Salman Al Farisi 2 agenda Raker bersama Yayasan. Dalam Raker kali ini tidak banyak membahas evaluasi dan program ke depan tetapi di isi dengan Kilas Balik Salman dan  pada kesempatan ini Yayasan menghadirkan Ibu Erma Rahmawati ( istri pak Arif Sulistomo ), Ibu Ani Dwi Lestari, Ibu Widya  Kusumarwati dan Ibu Muzna Nurhayati.

Raker kurikulum bersama dengan lembaga lain yang dilaksanakan pada hari Sabtu , 26 Desember 2015 di TB-KB-TK-IT Salman Al Farisis 1, yang dihadiri oleh guru-guru TB-KB Salman Al Farisi 1, 2, dan 3.

Dengan agenda Evaluasi Pelaksanaa Kurikulum 2013 pada tiap lembaga, Penilaian Pembelajaran, Penanaman Nilai Luhur yang dikembangkan, seperti : Kejujuran, Kerendahan Hati, Pengendalian Diri, Kesopanan, Kesantunan, Toleransi, Kepedulian, Tanggung Jawab, Disiplin, Percaya Diri,  dan Kerjasama.

Untuk Pembelajaran di Usia BATITA yang diutamakan adalah : Stimulasi Tumbuh Kembang dan Pengasuhan sesuai dengan Tahapan Perkembangan Anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here