Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Cerita

0
185

TKIT2 Salman Al-Farisi Klebengan. Pada Hari Selasa, 22 Agustus 2017, Yayasan Salman Al Farisi kembali mengudara di MQ FM. Kali ini mengambil tema “Menumbuhkan karakter anak melalui cerita” bersama bu Yani dan bu Ima.

Adapun pembahasan yang diangkata pada siaran radio tersebut adalah :

1. Perkembangan anak usia dini yaitu
masa “Golden Age”.

2. 18 karakter yang ditumbuhkan i PAUD

3.  Fungsi mendongeng atau bercerita bagi perkembangan anak

4.  Bonus dongeng dari bu Yani tentang Tze Tze si semut hitam
dan Raja Doblan

Seperti dilansir dari website resmi Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, masa kanak-kanak merupakan fase yang sangat penting dalam kehidupannya. Masa kanak-kanak usia 0-6 tahun dikenal dengan istilah golden age atau fase emas tumbuh kembang anak. Pada fase ini setiap informasi akan diserap oleh anak baik berupa informasi yang positif maupun informasi negatif dan akan menjadi dasar terbentuknya kemampuan koginitf, karakter dan kepribadiannya.

Dengan melihat betapa pentingnya fase kanak-kanak tersebut maka sudah seharusnya jika pada fase ini setiap anak perlu mendapatkan berbagai informasi yang baik sehingga pada diri anak akan terbangun kemampuan kognitif, karakter dan kepribadian yang baik pula. Berbagai informasi yang baik bagi anak dapat diperoleh dari berbagai sumber maupun media.

Dunia anak tidak lepas dari dunia cerita sehingga kebanyakan orang tua rajin membacakan cerita kepada anak-anaknya. Cerita merupakan salah satu metode yang penting dalam pemberian informasi kepada anak. Dalam setiap cerita tentunya terdapat pesan-pesan moral yang baik yang akan berpengaruh terhadap karakter dan kepribadian anak.

Kewajiban memberikan informasi yang baik kepada anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua dan guru, tetapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat terlebih pemerintah. Apabila setiap lingkungan memberikan informasi yang baik kepada anak maka nantinya anak akan tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang cerdas, dengan moral dan kepribadian yang baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here