Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tak merubahnya”. Demikian adalah sebuah filosofi dari kunci penting suatu usaha/ bisnis manusia. Berbicara tentang usaha atau apa yang diupayakan oleh manusia itu sendiri tentulah erat kaitannya dengan pekerjaan atau bisnis.

Zaman dahulu faktanya Nabi kita Muhammad SAW adalah seorang pelaku berbisnis. Maka patutlah kita sebagai seorang umatnya meneladani sikap dan perilaku rasul saat berbisnis. Di era modern ini ada banyak sekali usaha dan bisnis yang bisa di jalankan, demikian memang baik karena dengan membentuk sebuah kemitraan dalam usaha mandiri kita mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri kita maupun memberdayakan masyarakat sekitar.

Rasulullah adalah seorang kaya pada zamannya dulu, hal tersebut diraih dari ketekunan menjalankan usaha dan yang demikian sangatlah baik untuk kita teladani. Karena hidup adalah perjuangan dan bukan hanya hanya pasrah kepada nasib. Menurut beberapa sumber, rasulullah meraih kesuksesan dalam berbisnis di 6 kota berbeda. 4 diantaranya adalah Syam (Syuriah), Bahrain, Yordania, dan Yaman. Semua bisnis yang dijalankan oleh beliau menciptakan hasil yang sangat memuaskan. Bahkan menurut beberapa sumber, ia nyaris tidak mengalami kegagalan dalam berbisnis. Hal ini karena beliau menerapakan etika dalam berbisnis dan bisa menginspirasi sahabat  untuk meneladani sikap Rasulullah yang berbisnis dengan etika.

Tahun ini seperti tahun2 sebelumnya SDIT Salman Al Farisi mengadakan kegiatan Market Day yang dilaksanakan selama 3 hari berturut2. Market day adalah suatu kegiatan sekolah dimana para siswa menjajakan barang dagangan mereka untuk ditawarkan / dipasarkan kepada guru, walimurid dan juga siswa lain. Mulai 27-29 maret 2018. Peserta MD (penjual) adalah siswa siswi dr klas 1-6 Tanggal 27: klas 3&5, 28: kelas 2&4, 29: kelas 1&6. Sedangkan konsumen (pembelinya) adalah warga Sekolah termasuk ortu/murid, bapak ibu guru dan tetangga yg dekat dg lingkungan sekolah SDIT Salman Al Farisi. MD dilaksanakan saat  jam istirahat ke 1( 09.30- 10.00) dan jam istirahat ke 2 (11.35-13.00) agar tidak mengganggu aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar Kelas lain. Sebelum jam istirahat, anak2 dan ortu menyiapkan barang dagangan. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan sebelah selatan Musholla. Meskipun mendung dan gerimis pada saat itu siswa-siswa tetap terlihat antusias dan senang.

Tujuan Kegiatan Market Day Selain meneladani Rasulullah yaitu untuk:

1.menanamkan jiwa wirausaha anak sejak dini, seperti rasulullah

2.menanamkan kreatifitas dg mengedepankan kesehatan, dan kebersihan lingkungan

3.mengajarkan matematika aplikatif

4 . Menanamkan jiwa berani,percaya diri, pantang menyerah dan ketelitian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here