Woww Pelatihan Ibadah Qurban Melahirkan Koki Berbakat di SDIT Salman Al Farisi

0
151

 

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu Hari yang menjadi sumber kegiatan besar SDIT Salman Al Farisi Mlati. Karena pada Hari Raya Idul Adha ini siswa-siswa berkegiatan untuk Pelatihan Manasik Haji dan Ibadah Qurban. Pelatihan ibadah Qurban dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas 2, 4 dan 6. Kegiatan pelatihan ibadah qurban ini dilaksanakan pada Hari Jum’at, 24 Agustus 2018 di Halaman SDIT Salman Al Farisi Mlati. Seluruh siswa mengikuti acara demi acara dengan sangat khidmat dan antusias. Tidak hanya siswa kali ini Pelatihan Ibadah Qurban juga dihadiri oleh orang tua wali murid dan pengurus komite kelas serta komite sekolah.

Selanjutnya siswa diajak untuk menyaksikan prosesi penyembelihan hewan qurban yang berjumlah 5 kambing Qurban, sampai pendistribusian daging qurban untuk di bagikan ke seluruh kelompok perlombaan “kreasi aneka makanan daging qurban” . Dalam perlombaan kali ini tak ketinggalan para orang tua murid juga ikut. Siswa dan para orang tua murid dengan antusias mulai menyiapkan peralatan dan perlengkapan memasaknya, mulai dari menyalakan anglo, meracik bumbu, menusuk-nusuk daging qurban untuk dibuat sate bagi yang akan menampilkan kreasi satenya atau aneka kudapan lain dengan daging kambing. Juri kali ini begitu kewalahan untuk menentukan juara perlombaan karena baik kelompok siswa atau orang tua murid sangat lihai dalam perlombaan memasak ini, semua hidangan tersaji dengan indah, rasa dan aromanya begitu menggugah dan aneka hidangannya pun sangat bervariasi. Ternyata siswa – siswa bisa juga jadi koki berbakat dalam memasak berbagai hidangan daging qurban ini.

Menyembelih hewan kurban pada hari Raya Idul Adha memiliki makna dan hikmah dibalik perintah Allah SWT. Ibadah kurban identik dengan wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan jalan untuk lebih mendekatkana diri pada Sang Pencipta. Rasa syukur atas segala nikmat yang melimpah pada seorang hamba diwujudkann dengan penyerahan kurbannya kepada Allah SWT. Seorang hamba yang dianugrahi keluasan rezeki disunahkan berkurban dengan satu kambing, sapi, unta, maupun kerbau jantan. Ibadah kurban mempunyai keistimewaan yang luar biasa. Secara psikologis, seorang hamba yang melakukan kurban adalah membatasi diri untuk tidak terlalu mencintai harta yang dimiliki, memberikan kurbannya yang terbaik bukan untuk dirinya sendiri. Oleh karenanya kita disunahkan untuk menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban bahwa hal tersebut adalah tanda bahwa harta kita tidaklah kekal. Kegiatan pelatihan qurban ini bertujuan untuk menambah Ghirah siswa dalam memaknai Hari Raya Idul Adha. Selain itu menjadikan siswa berkesempatan untuk terjun langsung dalam prosesi penyembelihan hewan qurban, perawatan, pendistribusian dan pengolahan menjadi makanan. Kegiatan ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk siswa dalam hidupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here