Market Day Dalam Rangka Meneladani Kesuksesan Rasulullaah

0
154

Market Day Dalam Rangka Meneladani Kesuksesan Rasulullaah

 

Berkaca dari kesuksesan kisah Nabi Muhammad SAW dalam berdagang atau berentrepreneur. Di mana semua langkah yang dilakukannya berangkat dari sebuah proses, sejarah membuktikan bahwa Nabi Muhammad SAW mengawali semua kesuksesannya dari nol, bukan karena warisan ataupun pemberian. Hal itu tercermin dari kisah beliau yang sejak usia 6 tahun sudah yatim piatu, dan di usia 8 tahun harus ditinggal kakeknya untuk selama-lamanya, setelah itu ia tinggal bersama pamannya Abu Thalib.

Semenjak saat itu Muhammad kecil menjadi penggembala kambing sebagai cara untuk mandiri, bisa dibayangkan bahwa anak sekecil itu harus mencari kehidupannya sendiri. Bahkan di usia 12 tahun, Muhammad muda sudah harus berdagang ke berbagai daerah untuk menemani pamannya. Namun tanpa disadari, langkah tersebut justru menempa kemampuan entrepreneur Nabi SAW. Karena berangkat dari jalan itulah Muhammad muda mendapatkan ilmu serta pengalaman yang sangat berharga dalam mengembangkan kemampuan berdagangnya.

Dari kisah inilah bisa menjadi dasar bagi para orang tua, pendidik, dan lembaga pendidikan bahwa kemampuan berwirausaha atau berentrepreneur bukanlah kemampuan yang tiba-tiba datang dari langit, namun merupakan hasil dari didikan, latihan serta pengalaman yang memadukan antara teori sekaligus praktek (langsung). Untuk itulah anak-anak di Indonesia harus ditanamkan spirit enterpreneur sedini mungkin. Terlebih, pesan dari Nabi SAW yaitu jangan sampai kita meninggalkan anak-anak kita dalam keadaan dhoif (lemah), baik dhoif (lemah) imannya, aqidahnya, akhlaqnya, pendidikannya, maupun hartanya. Kenapa lemah harta juga menjadi titik konsentrasi Nabi SAW, karena kemiskinan sangat dekat dengan kekufuran. Naudzubillah.

Tahun ini seperti tahun2 sebelumnya SDIT Salman Al Farisi mengadakan kegiatan Market Day yang dilaksanakan selama 6 hari berturut2. Market day adalah suatu kegiatan sekolah dimana para siswa menjajakan barang dagangan mereka untuk ditawarkan / dipasarkan kepada guru, walimurid dan juga siswa lain. Mulai 8-15  Februari  2019. Peserta MD (penjual) adalah siswa siswi dr klas 1-6 dengan pembagian per hari 1 kelas secara bergantian. Sedangkan konsumen (pembelinya) adalah warga Sekolah termasuk ortu/murid, bapak ibu guru dan tetangga yg dekat dg lingkungan sekolah SDIT Salman Al Farisi. MD dilaksanakan saat  jam istirahat ke 1( 09.30- 10.00) dan jam istirahat ke 2 (11.35-13.00) agar tidak mengganggu aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar Kelas lain. Sebelum jam istirahat, anak2 dan ortu menyiapkan barang dagangan. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan sebelah selatan Musholla. Meskipun mendung dan gerimis pada saat itu siswa-siswa tetap terlihat antusias dan senang.

Tujuan Kegiatan Market Day Selain meneladani Rasulullah yaitu untuk:

1.menanamkan jiwa wirausaha anak sejak dini, seperti rasulullah

2.menanamkan kreatifitas dg mengedepankan kesehatan, dan kebersihan lingkungan

3.mengajarkan matematika aplikatif

4 . Menanamkan jiwa berani,percaya diri, pantang menyerah dan ketelitian

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here