Pengenalan Lingkungan Sekolah SDIT SALMAN AL FARISI TA 2019/2020

0
177

Senin pagi 15 Juli 2019 menjadi hari pertama bagi siswa baru SDIT Salman Al Farisi mengikuti kegiatan Masa Orientasi Sekolah. Dikarenakan sekolah sedang ada perbaikan atap maka selama1 bulan pertama kegiatan belajar dialihkan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Meskipun dengan lingkungan yang berbeda, bukan di gedung sekolah sendiri, namun tidak mengurangi proses pelaksanaan dan ketercapaian tujuan orientasi sekolah.

 

Siswa baru yang datang disambut dengan senyuman dan sapaan ceria oleh kakak kelas yang membawa balon untuk diberikan ke siswa baru dan selanjutnya akan diantarkan ke ruang kelas 1. Alhamdulillaah semua tampak gembira. Kemudian dilanjutkan apel pagi untuk menyambut siswa baru secara seremonial dengan penyematan tanda peserta kepada siswa baru, perkenalan guru karyawan, dan pelepasan burung. Bu Siti Wazanah, S.IP, selaku kepala sekolah menjadi pembina apel menyampaikan bahwa, “Dengan melepaskan burung-burung pipit agar bebas terbang dan mencari makanan diibaratkan seperti anak-anak yang juga akan gembira  bermain dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya di SDIT Salman Al Farisi.”

Tidak hanya diperkenalkan dengan guru, karyawan, dan kakak kelas saja, siswa baru juga diperkenalkan peraturan sekolah baik secara formal melalui apel pagi maupun secara nonformal melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Safari lingkungan pun menjadi pilihan terbaik sebagai cara mensosialisasikan peraturan sekolah. Siswa dibagi menjadi 20 kelompok terdiri sekitar 10 siswa kumpulan kelas1-6 tiap kelompoknya. Selanjutnya mereka bersafari mengelilingi lingkungan sekolah dan didampingi oleh bapak ibu guru.

Pada hari kedua di hari Selasa, tanggal 16 Juli 2019, SDIT Salman Al Farisi melanjutkan kegiatan masa orientasi sekolah hari kedua dengan mengadakan berbagai macam permainan interaktif dan edukatif. Permainan yang disediakan yakni balap simpai, bisik berantai, tebak kata, dan menyusun menara. Permainan tersebut dibagi ke 5 pos yang dipandu oleh bapak ibu guru. Selain menciptakan suasana yang menyenangkan di sekolah, permainan-permainan tersebut juga dapat melatih ketangkasan, motorik kasar, pembendaharaan kata, strategi, kerjasama serta kekompakan antara adik dan kakak kelas dalam setiap kelompok.

Masa Orientasi Sekolah SDIT Salman Al Farisi ditutup pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019 dengan pengumuman hasil penilaian kelompok selama 3 hari pelaksanaan masa orientasi sekolah dan penyampaian kesan dan harapan di tahun ajaran baru.

 

Selamat datang anak-anak SDIT Salman Al Farisi, Selamat belajar.. Kami akan mendidikmu dengan cinta untuk menjadi Generasi Unggul.. aamiin. Allahu Akbar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here