Mulai pekan kemarin dan Pekan ini berdasarkan kalender akademik dinas pendidikan Kabupaten Sleman Yayasan Salman Al Farisi Jogja mengadakan Ujian Sekolah Bersama (USB) atau TKM (Tes Kendali Mutu) untuk seluruh Sekolah Dasar Islam Terpadu dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Boarding School yang dilaksanakan mulai hari Kamis 01 Desember 2016 hingga Rabu 07 Desember 2016.

Ujian seringkali menjadi Momok atau hal yang mengerikan bagi siswa padahal dalam bahasa jawa ujian sering dikenal dengan istilah pendadaran yang bermakna pematangan. Jadi mereka yang maju ujian dianggap sudah matang selama melalui proses belajar.

Di seluruh Sekolah Salman Al Farisi Jogja baik SDIT maupun SMPIT Boarding School ujian yang angker berubah menjadi ujian yang ramah anak karena penekanan pendidikan di Salman Al Farisi Jogja adalah bukan pada nilai tapi pembentukan karakter. Bukan mengejar nilai tapi konten atau materi, bukan menghalalkan cara untuk mendapatkan nilai yang tinggi tapi proses mendapatkan nilai tersebut harus halal atau diridhoi oleh ALLAH SWT.

Tujuan pokok ujian yang dipahami dalam satuan pendidikan di lingkungan Salman Al Farisi Jogja adalah Evaluasi satuan pendidikan dalam upaya untuk penigkatan mutu pendidikan.

Suasana tegang yang dibangun saat ujian telah mengibiri hak anak untuk mendapatkan ujian yang menyenangkan Alhamdulillah tidak tampak dalam pelaksanaan USB atau TKM di Salman Al Farisi Jogja. Suasana riang dan ceria yang ditunjukan oleh anak-anak sudah cukup mewakili bahwa ujian yang menyenangkan sudah dirasakan oleh anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here